Jumat, 21 Juli 2017

10 Keunggulan Aplikasi Berbasis Web

10 Keunggulan Aplikasi Berbasis Web

Aplikasi berbasis web adalah software yang menggunakan website sebagai interface untuk pengguna front-end. Aplikasi ini bisa diakses dari sistem komputer manapun yang memiliki koneksi internet yang stabil dan browser web standar (Internet Explorer, Chrome, Firefox atau Safari). Di sisi lain, aplikasi tradisional (aplikasi desktop) harus diinstall terlebih dahulu di komputer lokal. Kali ini kita akan membahas apa manfaat dan keunggulan aplikasi yang dibangun berbasis web dibanding aplikasi yang dibangun berbasis desktop.


Contoh aplikasi tradisional yang paling umum adalah Microsoft Office, aplikasi pengolah kata yang banyak digunakan yang hanya bisa digunakan di desktop. Di sisi lain, Google Documents yang juga merupakan aplikasi pengolah kata memilih dijalankan menggunakan browser web daripada di install pada sistem komputer lokal.

Apa keunggulan aplikasi berbasis web untuk perusahaan bisnis?
Dibawah ini, Anda akan menemukan beberapa manfaat  dan keunggulan menggunakan aplikasi berbasis web untuk situs web bisnis Anda.

1. Biaya pengembangan yang efektif

Aplikasi berbasis web memungkinkan pengguna mengakses sistem melalui lingkungan yang seragam yang merupakan browser web. Sementara aplikasi tradisional perlu diuji secara menyeluruh terutama dalam hal interaksi pengguna. Apalagi aplikasi itu sendiri perlu kompatibel dengan sistem operasi yang berbeda. Sedangkan, dalam kasus aplikasi berbasis web, tidak perlu mengujinya pada versi OS dan konfigurasi PC yang berbeda. Hal ini membuat keseluruhan proses pembangunan tidak memakan waktu & pemecahan masalah menjadi lebih mudah.

2. Dapat diakses dimanapun

Berbeda dengan aplikasi tradisional, sistem web bisa diakses kapan saja, dimana saja dan melalui PC/Laptop manapun yang memiliki koneksi internet yang stabil. Ini menempatkan pengguna aplikasi web yang bertanggung jawab atas kapan dan di mana dia ingin menggunakannya. Selain itu, aplikasi berbasis web juga telah membuka cakrawala baru untuk perusahaan multinasional karena tim mereka dapat mengerjakan kolaborasi. Gagasan bekerja ditempat yang sama telah menjadi masa lalu sekarang.

3. Mudah disesuaikan

Dibandingkan dengan aplikasi desktop, aplikasi berbasis web mudah untuk dimodifikasi. Artinya pengembang dapat dengan cepat memperbarui tampilan dan nuansanya sesuai keinginan pengguna. Oleh karena itu, tidak ada lagi kebutuhan setiap orang untuk menyelesaikan antarmuka yang sama persis sepanjang waktu. Sebagai gantinya, Anda bisa menemukan tampilan sempurna untuk setiap situasi dan pengguna.

4. Dapat diakses untuk berbagai perangkat

Selain dapat disesuaikan untuk berbagai kelompok pengguna, konten aplikasi web juga dapat dimodifikasi untuk digunakan sesuai perangkat yang terhubung ke internet. Ini termasuk smartphone, tablet, PDA dll. Fitur ini semakin meningkatkan kemampuan pengguna untuk menerima & berinteraksi sesuai keinginan. Dengan cara ini Anda bisa memberi informasi terbaru kepada pengguna.

5. Peningkatan interoperabilitas

Ada kemungkinan besar untuk mencapai tingkat interoperabilitas baru dengan aplikasi web. Misalnya, menjadi lebih mudah untuk menggabungkan aplikasi web dalam sistem keranjang belanja yang didukung oleh sistem pengelolaan konten yang efektif. Karena itu, menjadi mungkin untuk mengintegrasikan sistem perusahaan yang selanjutnya membantu memperbaiki alur kerja beberapa operasi bisnis lainnya.

Dengan memanfaatkan teknologi next-gen internet, Anda bisa menemukan model bisnis yang fleksibel dan mudah disesuaikan yang dapat disesuaikan dengan tuntutan pasar atau tren pasar yang dinamis.

6. Pemasangan dan perawatan yang lebih mudah

Dengan pendekatan berbasis web, akan sangat mudah untuk menginstal dan merawat aplikasi ini yang juga dalam skala global. Setelah versi baru aplikasi diupload ke server host, semua pengguna dapat langsung mengaksesnya dan juga tidak perlu meng-upgrade perangkat keras apapun untuk menginstal versi terbaru.

Mengupdate perangkat lunak web baru menjadi sangat mudah saat semua pengguna memperbarui browser dan plugin. Akan lebih baik jika Anda menunjuk seorang ahli untuk merancang dan mengunggah versi baru aplikasi di server host.

7. Beradaptasi dengan beban kerja yang meningkat

Meningkatkan kapasitas prosesor juga menjadi tugas sederhana dengan aplikasi berbasis web. Jika aplikasi membutuhkan kecepatan pemrosesan lebih banyak untuk melakukan operasi, maka hanya perangkat keras server yang perlu ditingkatkan. Kapasitas perangkat lunak web dapat ditingkatkan dengan "clustering" atau menjalankan program pada beberapa server secara bersamaan.

Dalam kasus tertentu, beban kerja meningkat dan pemilik aplikasi dapat dengan cepat menambahkan server baru ke Sistem. Misalnya, Google Inc menjalankan ribuan Server Linux murah di seluruh dunia. Jika satu server gagal, maka dapat dengan cepat diganti.

8. Meningkatnya Keamanan

Aplikasi web ini biasanya digunakan di server khusus, yang dipantau dan dikelola secara rutin oleh administrator server yang terampil. Ini jauh lebih efektif daripada menyimpan tab pada ratusan atau ribuan komputer klien di seluruh dunia. Ini berarti, Anda dapat menjaga perangkat lunak web Anda tetap aman dan dapat dengan cepat menyegel potensi pelanggaran tersebut.

9. Teknologi inti yang fleksibel

Ada tiga teknologi yang bisa digunakan untuk membangun aplikasi bertenaga web:
  1. Solusi berbasis Java (J2EE) dikembangkan oleh Sun Microsystems yang memiliki JSP & Servlets.
  2. Microsoft .NET platform yang menggunakan Active Server Pages, SQL Server dan .NET scripting languages.
  3. PHP dan MySQL yang merupakan teknologi open source terkemuka cocok untuk situs web anggaran yang lebih kecil & rendah.

10. Support

Pengembang aplikasi berbasis web biasanya menawarkan layanan dukungan 24 jam, yang berarti Anda dapat menghubungi mereka kapan saja dan dimana saja. Bagian yang terbaik adalah, semua kesalahan akan dihilangkan secara real time dan aplikasi Anda akan mulai berfungsi kembali dalam beberapa jam.


1 komentar so far

Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.


EmoticonEmoticon