Minggu, 23 Juli 2017

Sejarah, Edisi dan Versi Microsoft SQL Server

Sejarah, Edisi dan Versi Microsoft SQL Server

Microsoft SQL Server adalah sistem manajemen basis data relasional, atau RDBMS, yang mendukung beragam pemrosesan transaksi, intelijen bisnis dan aplikasi analisis di lingkungan IT perusahaan. SQl Server adalah salah satu dari tiga teknologi database terdepan di pasar, bersama dengan Oracle Database dan IBM's DB2.


Seperti perangkat lunak RDBMS lainnya, Microsoft SQL Server dibangun di atas SQL, sebuah bahasa pemrograman standar yang digunakan administrator database (DBA) dan profesional TI lainnya untuk mengelola database dan menamapikan data yang terdapat pada database. SQL Server terkait dengan Transact-SQL (T-SQL), T-SQL adalah implementasi SQL dari Microsoft yang menambahkan satu set ekstensi pemrograman proprietary ke bahasa standar.

Sejarah SQL Server

Kode SQL Server asli dikembangkan pada tahun 1980an oleh mantan Sybase Inc., yang sekarang dimiliki oleh SAP. Sybase awalnya membangun perangkat lunak untuk berjalan di sistem Unix dan platform komputer mini. Sybase, Microsoft dan Ashton-Tate Corp, yang merupakan vendor terdepan dari database PC, bekerja sama untuk menghasilkan versi pertama dari Microsoft SQL Server, yang dirancang untuk sistem operasi OS/2 dan dirilis pada tahun 1989.

Setelah itu Ashton-Tate memilih untuk berpisah, namun Microsoft dan Sybase melanjutkan kemitraan mereka sampai tahun 1994, ketika Microsoft mengambil alih semua pengembangan dan pemasaran SQL Server untuk sistem operasinya sendiri. Tahun sebelumnya, dengan hubungan Sybase mulai terurai, Microsoft juga telah membuat perangkat lunak yang tersedia di Windows NT yang baru dirilis setelah memodifikasi basis kode OS/2 16 bit untuk menciptakan implementasi 32 bit dengan fitur tambahan, hal tersebut berfokus pada kode Windows ke depan. Pada tahun 1996, Sybase mengganti namanya menjadi Adaptive Server Enterprise dan meninggalkan nama SQL Server kepada Microsoft.

Versi SQL Server

SQL Server 2016 adalah versi terakhir dari SQL Server saat ini. Awalnya dikembangkan untuk sistem operasi OS/2 (Versi 1.0 dan 1.1), SQL Server versi 4.21 dan selanjutnya beralih ke Sistem Operasi Windows.

Engine SQL Server mengalami perubahan yang signifikan pada versi 7.0, dan versi setelahnya tetap dilanjutkan untuk memperbaiki dan memperluas kemampuan SQL Server dari kelompok kerja menuju kepada perusahaan enterprise.

Versi 1.0 diterbitkan Tahun 1989
Versi 1.1 diterbitkan Tahun 1991
Versi 4.2 diterbitkan Tahun 1992
Versi 4.21 diterbitkan Tahun 1994
Versi 6.0 diterbitkan Tahun 1995
Versi 6.5 diterbitkan Tahun 1996
Versi 7.0 diterbitkan Tahun 1998
Versi 2000 diterbitkan Tahun 2000
Versi 2005 diterbitkan Tahun 2005
Versi 2008 diterbitkan Tahun 2008
Versi 2008 R2 diterbitkan Tahun 2010
Versi 2012 diterbitkan Tahun 2012
Versi 2014 diterbitkan Tahun 2014
Versi 2016 diterbitkan Tahun 2016

Edisi SQL Server

SQL Server menawarkan beberapa edisi yang menyediakan fitur set yang menargetkan bermacam-macam skenario bisnis. Beberapa edisi yang terdapat pada SQL Server yaitu:

Enterprise

Microsoft SQL Server Enterprise adalah Edisi andalan. Pada edisi ini terdapat semua fitur yang terdapat pada SQL Server termasuk BI Services dan dukungan untuk virtualisasi

Standart

Pada Edisi ini termasuk  core database engine, dan juga core reporting dan kemampuan analisa. Bagaimanapun edisi ini hanya mendukung sedikit core processor dan tidak menyediakan semua fitur availability, security dan data warehouse.

Business Intelligence

Business Intelligence tergolong edisi baru, edisi ini menyediakan core database engine, full reporting, analytics capabilities dan BI Services. Seperti edisi standart, edisi ini hanya mendukung sedikit core processor dan tidak menyediakan semua fitur availability, security dan data warehouse.

SQL Server juga menyediakan edisi yang lain seperti, Parallel Data Warehouse, Web, Developer dan Express. Setiap edisi menargetkan spesifik kasus.

SQL Server di Cloud

SQL Server tidak hanya bisa digunakan di lokal tetapi bisa juga digunakan sebagai cloud base database, SQL Server juga bisa dijalankan pada cloud base database jika organisasi atau instansi Anda telah menyediakan dan terintegrasi dengan infrastruktur. Jika ini masalahnya dan infrastruktur sudah diatur dengan benar, anda harus memperlakukannya sebagai contoh sql server di network anda. Sebenarnya ini mungkin telah terjadi dan anda sama sekali tidak menyadarinya.

Alternatif yang lain yang bisa digunakan adalah Microsoft Azure Database. Edisi ini menyediakan database yang menggunakan teknologi SQL Server di Cloud.

1 komentar so far


EmoticonEmoticon